Friday, 18 August 2017

GANTI PROTEKTOR KOIL SOLUSI NISSAN LIVINA PINCANG / BREBET


               Pemilik mobil nissan grand livina / livina family pasti tidak asing dengan penyakit livina seperti engine pincang saat stasioner , brebet saat akselerasi , dan ndut ndutan saat jalan.
ada banyak faktor yang mengakibatkan mobil pincang / brebet .Secara garis besar kita bisa kelompokkan menjadi 3 bagian , yaitu sistem  bahan bakar  bermasalah , sistem kompresi bermasalah , atau sistem pengapian bermasalah.
Untuk lebih jelasnya saya akan sedikit mencoba berbagi ilmu & menjelaskan satu per satu tentang ketiga sistem diatas , supaya anda lebih mengenal mobilnya . karna ada pepatah mengatakan " tak kenal maka tak sayang " jadi kenalilah mobil anda supaya anda bisa menyayanginya .. hehehe.


1.      Sistem bahan bakar
Hasil gambar untuk sistem bahan bakar injeksi

         Sistem bahan bakar mensuplai bahan bakar ke ruang pembakaran , bahan bakar ini akan di campur dengan udara dengan perbandingan yang ideal untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna .
campuran bahan bakar dan udara yang kurang pas akan mengakibatkan engine brebet / pincang . akan sering kita jumpai keadaan seperti ini pada engine jadul yang masih menggunakan karburator untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara , karna pada karburator dilengkapi sekrup penyetelan manual ., penyetelan yang tidak pas akan mengakibatkan engine brebet , pincang , dan kurang tenaga.
berbeda dengan sistem injeksi yang pengaturan campuran bahan bakar dan udara dilakukan secara elektronis oleh ECU . sehingga dapat dikatakan sistem injeksi lebih sempurna dibanding sistem karburator dalam hal mengatur komposisi campuran bahan bakar dan udara.
dalam kasus yang lain brebet dan pincang juga bisa disebabkan karena tercampurnya bahan bakar dengan air.

2.      Sistem kompresi .
Hasil gambar untuk langkah kompresi
         Sebelum campuran bahan bakar dan udara dibakar , campuran tersebut harus di mampatkan / dikompresikan terlebih dahulu sehingga menghasilkan tenaga yang maksimal saat dilakukan pembakaran yang selanjutnya akan dirubah menjadi energi putar oleh crankshaft --> transmisi
kebocoran pada sistem kompresi akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna yang biasanya ditandai dengan mesin pincang , brebet saat akselerasi / saat jalan , starter panjang , dan lain lain.
adapun penyebab kompresi bocor antara lain overheat , klep tidak menutup sempurna saat langkah kompresi.

3.      Sistem pengapian

         Setelah bahan bakar dicampur dengan udara , di kompresikan , selanjutnya dibutuhkan percikan bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Disinilah peran dari sistem pengapian .
sistem pengapian ada 2 macam yaitu sistem pengapian konvensional dan sistem pengapian injeksi.
sistem pengapian konvensional terdiri dari beberapa komponen antara lain : accu , kunci kontak , koil pengapian , platina ( breaker point ) , distributor , dan busi.
untuk fungsi dan cara kerja dari masing masing komponen akan saya bahas dalam tulisan yang lain.
sedangkan sistem pengapian injeksi terdiri dari : sensor pengapian  , ECU ( pemroses data sensor ) , dan aktuator .

berikut adalah sekilas penjelasan tentang cara kerja sistem pengapian injeksi :
ketika engine di starter sensor pengapian akan mendeteksi putaran engine melalui sensor crankshaft ( CKP sensor ) & posisi piston mana yg berada pada langkah kompresi melalui sensor camshaft ( CMP sensor ) , data yang diperoleh sensor ini akan di laporkan ke ECU , selanjutnya dilakukan pemrosesan data untuk menentukan silinder mana yang akan melakukan pengapian . setelah ditentukan misal silinder no 1 yg akan melakukan pengapian maka ECU akan mengirimkan sinyal / arus ke koil pengapian silinder 1 , arus yang ada ini akan dirubah voltase nya yang semula Cuma 12volt menjadi beribu ribu volt oleh koil pengapian sehingga bisa timbul percikan bunga api pada busi.
Nah dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa fungsi koil pengapian sangatlah penting bagi engine , kebocoran arus tegangan tinggi pada koil bisa mengakibatkan percikan bunga api pada busi kecil. yang akan mengakibatkan bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna efeknya engine pincang , brebet , ndut ndutan saat jalan.
Komponen yang sering rusak pada sistem pengapian injeksi adalah koil dan busi , kerusakan busi biasanya tidak nampak secara fisik. terutama untuk busi type platinum & iridium , untuk mengetahui rusak tidaknya gak ada cara lain kecuali dengan melakukan penggantian part baru , cara yang lain untuk menghindari engine pincang yang disebabkan oleh busi yang mati adalah dengan melakukan penggantian busi secara berkala.
karena semua komponen di dalam engine termasuk busi memiliki umur/masa pakai yg telah ditentukan oleh pabriknya .
misal seperti busi platinum / iridium penggantian busi disarankan setiap 100.000 km dan kelipatannya , walaupun misalnya pada kilometer 100.000 busi belum mati ( tidak timbul gejala pincang dsb ) akan lebih aman jika busi tetap diganti .
berbeda dengan koil , koil bukan merupakan part yang dilakukan penggantian secara berkala. Dan lebih susahnya lagi koil termasuk part yang kerusakannya tidak bisa diprediksi . bisa kapan pun terjadi tanpa sebab atau dengan sebab.

Kembali ke pokok pembahasan tentang penyakit pincang / brebet pada nissan livina . paling sering diakibatkan oleh koil pengapian yang rusak , namun jangan terburu buru mengganti koil pengapian assy sebab sebenarnya yang rusak cuma bagian protektornya saja . kalau kita cermati akan ada bekas terbakar pada ujung protektor koil
, sehingga terjadi kebocoran arus pada bagian yang terbakar ini , inilah yang mengakibatkan mesin pincang.


Namun pemilik mobil nissan livina tidak perlu khawatir , sebab kami menjual part koil yang rusak ( protektornya saja ) . dengan mengganti protektornya tentu harganya lebih ekonomis , dibandingkan beli koil assy .
karna kalau beli koil yang original biasanya tidak menjual protektornya saja , melainkan dijual assy sama kepala koil nya ( padahal part ini tidak rusak ).

harga koil assy original kurang lebih 700rb an , belum termasuk ongkos pasang.

Untuk informasi harga protektor koil bisa langsung Call , WA , atau sms ke nomor dibawah ini .
089530141880 ( Call , WA , Sms ).
Bagi anda yg tidak ada waktu ke bengkel dan masih bingung bagaimana cara menggantinya , anda tidak perlu khawatir . sebab kami bisa datang kerumah anda

kami juga menjual protektor koil untuk mobil , evalia , march , x trail. dll 
untuk area jakarta , tangerang , & depok kami siap melayani pemasangan di rumah anda.